Don’t Sweat on Little Things

Pagi ini baca satu tweet yang menarik:

Maak je niet druk over wat je niet kunt veranderen. Kijk verder en groei in je eigen toegevoegde waarde.

Yang kalo dibahasa Inggriskan kira-kira: don’t sweat on things that you can’t change. Look forward and grow in your own worth/values.

Ini yang saya rasakan sejak akhir tahun lalu, ketika dengar kabar kontrak tidak diperpanjang untuk kesekian kalinya, ketika lamaran kerja tidak diterima padahal pengalaman tidak kurang-kurang.  Ketika ditolak pun, saya tidak tertarik bertanya apa alasannya.  Buat apa? Saya bisa kira-kira menebak apa alasannya dan saya tidak perlu orang lain memberitau sesuatu yang saya sudah tahu.

Itu masalah mereka kalau mereka tidak terima saya, bukan masalah saya…

Terus terang, saya capek dibeginikan.  Ini yang bikin saya tidak lamar kerja lagi, untungnya sejauh ini tiap bulan ada paling tidak satu atau dua hari kerja jadi invaller atau pengganti kalau ada yang sakit atau libur.  Begitu saja cukup, untungnya saya di posisi yang beruntung karena suami bekerja tetap.

Sekarang saya lebih berpikir positif daripada tahun-tahun yang lalu.
Capek berpikir jadi victim atau korban, walaupun terus terang kalau jadi orang asing, mau tidak mau ada perasaan didiskriminasi.  Dan mau tidak mau saya jadi menyalahkan negara sialan ini.  Mungkin saya datang di waktu yang salah, dari awal di sini nasib begini-begini saja.  Kondisi ekonomi bukannya membaik, malah memburuk.
Atau bisa jadi, saya pilih profesi yang salah, yang tidak sesuai dengan pribadi saya.
Nah, mulai lagi saya berpikir di posisi korban.
Mungkin ini kompensasi saya ketika berkali-kali dikecewakan.

Yang pasti prioritas saya sekarang berubah.  Bukan kerja lagi, tapi lebih untuk anak tercinta, untuk sesuatu yang lain yang bukan untuk negara ini.
Mewujudkan sesuatu yang bisa ditolong di tanah air, yang bikin saya bahagia walaupun mungkin tidak menghasilkan materi, tapi kepuasannya itu lho.

Don’t sweat on little things, cari dan lakukan sesuatu yang bikin diri sendiri berharga, bukan yang bikin timbul perasaan-perasaan yang jelek. ..

