Pasar Malam Besar ke-47


oleh1 Posted by Hello


oleh2 Posted by Hello

Silakan dimakan oleh-oleh dari Pasar Malam BesarImage hosted by Photobucket.com , ada pukis, dadar gulung, klepon, tahu isi, apem, martabak manis, juga bandeng presto, ceker ayam goreng dan rambak/kerupuk kulit.

Hari ini berangkat dari rumah jam 10, naik mobil sampe Zeist deket Utrecht, rencananya parkir gratis di deket stasiun, kemudian nyambung naik kereta ke Den Haag, lumayan ngirit tiket. Ternyata, parkirnya penuh, akhirnya nyambung ke stasiun Lunette yang parkirnya lumayan sepi. Dari Lunette naik kereta ke Utrecht, nyambung lagi ke Den Haag. Ditotal sama aja perjalanannya, 2 jam.

Nyampe Malieveld, di lapangan diadakannya Pasar Malam, udah panjang orang yang ngantri karcis. Di deket kita ada rombongan orang-orang tua sebis. Karena udah laper banget, akhirnya kita langsung ke bagian stand warung-warung makan. Setelah muter sekali, kita mutusin makan di Resto Sumatera, aku pesen sate kambing (di sini belum pernah bikin sate kambing, berhubung belum pernah nemu daging kambing), Gegen sate sapi dan sama-sama nasi rendang. Enak juga, rendangnya pedesss. Setelah itu muter-muter liat yang jualan dan ke podium utama, liat pertunjukan tari Jawa dan pengantin ala Betawi sambil minum cendol. Eh aku pas liat itu, jadi bangga banget lho sama Indonesia. Oh negaraku, begitu kaya budayanya, sampe orang-orang yang di Belanda sini bela-belain bikin Pasar Malam gede banget, ini yang udah ke-47 kalinya pula. Liat sapu lidi, guling, wayang, kue-kue dan bermacam ragam makanan, kaya banget lho Indonesia itu! Aku bangga pada negarakuImage hosted by Photobucket.com!!

Setelah itu, jalan keliling lagi, sambil Gegen minum kopi dan ngemil kue lapis spekkoek, ke stand Van Stockum, toko buku di Den Haag yang jualan bukunya kebanyakan tentang Nederlands Indië alias Indonesia jaman penjajahan. Ada beberapa penulis yang lagi nongkrong di situ, siap membagikan tanda tangan. Salah satunya ada Lonny Gerungan, penulis buku masakan Indonesia yang juga pernah punya program wisata kuliner keliling Indonesia di salah satu stasiun televisi. Aku punya bukunya satu di rumah, tapi jarang dibuka, lebih enak pake bahasa ibu sih Image hosted by Photobucket.com. Ada jual buku bahasa Indonesia, tapi sedikit, kebanyakan karangan Barbara Cartland gitu. Ada sih nemu dua buku masak Seri Makanan Favorit: Schotel dan Seri Masakan Cina : Penuh Gizi. Pas beli buku, eh dapet tatakan piring batik. LumayanImage hosted by Photobucket.com.

Kita muter-muter lagi, nemu stand Stichting Indische Huis dan aku nyari buku Door Blauwe Ogen yang pernah kutulis di sini. Nemu, bukunya gede gitu, aku iseng aja moto si Dinand dari buku ituImage hosted by Photobucket.com.

Gegen masih pingin liat-liat buku, dia kutinggal nonton Kooktheater deket stand toko buku. Kooktheater ini adalah demo masak, resepnya berbagai macam. Yang kutonton pertamanya itu, gak tau masak apa, kayak perkedel gitu. Demonya walopun jauh di depan, tapi kita bisa liat cara orangnya masak lewat pantulan kaca di atas kepala tukang masak. Ada bapak-bapak tua Indisch lewat di depanku sambil bisik,”Lijkt niet lekker, he?”, dia bilang, kayaknya gak enak makanannya Image hosted by Photobucket.com. Demo masakan yang setelah itu lumayan enak, udang gede dimasak sama terong goreng dan nanas. Ternyata tukang masaknya orang Singapura, jadi waktu nerangin masak, diterjemahin sama pendampingnya. Kita boleh nyicip hasil masakannya, enak juga. Sayang resepnya gak dicatet.

Kita muter-muter lagi, beli es krim duren, aku beli sate kambing lagi. Kali ini lebih enak karena sausnya pake kecap dan bawang merah. Gegen sempat tergoda pingin beli lampu dari Bali buat ditaruh deket kolam, tapi kemudian liat harganya, gak jadi dah. Aku juga beli rambak/kerupuk kulit, bandeng presto, ceker ayam goreng dan kue-kue di atas. Ada satu tenda besar yang namanya Indonesië Paviljoen, penjualnya sepertinya langsung dari Indonesia, karena kalau dengar penjual ngobrol sama pembeli, pake bahasa Inggris. Aku udah tiga kali ke Pasar Malam Besar, baru sekarang nyadar. Pas beli rambak, bandeng juga sama mbak dan ibu-ibu pake bahasa Indonesia, juga waktu beli tas dan sepatu teples, mas penjualnya dari Sulawesi dan tasnya dari Bali.

Sebelum pulang, kita makan malam dulu, aku makan bakmi bakso dan Gegen pisang goreng sama es kopi. Dia kekenyangan sih. Aku sebenarnya juga masih pingin makan lain-lain, apalagi liat martabak telor, rica-rica cumi, ikan pedes, duh… sayang perutnya terbatas Image hosted by Photobucket.com. Foto-foto yang lain bisa dilihat di foto albumku.

Mulai besok sampai Sabtu, setelah tahun lalu ke pulau Terschelling, Texel, Vlieland dan Schiermonikoog, kita ke pulau Ameland. Untung banget udaranya diperkirakan cerah ceria, sehingga bisa jalan-jalan. See you all!!Image hosted by Photobucket.com

Tinggalkan komentar