Tentang Les Nyetir


Udah les 10 kali, baru sekarang les nyetir kujabarkan di sini. Jadi untuk naik ke tahap yang lebih tinggi dari tahap ini, memang tahun ini ditargetkan untuk les nyetir. Sengaja cari guru cewek, karena aku berasa lebih nyaman dengan guru cewek.

Setelah liat sana-sini, akhirnya nemulah guru cewek di Huissen, deket Bemmel, nama gurunya Nannie Leijten. Aku ambil lesnya paket RIS (Rijopleiding in stappen atau les nyetir bertahap). Ini termasuk sistem baru, jadi dikasih buku, tiap abis les, dinilai udah sampai tahap mana. Paket RIS ini dibagi jadi 4 modul, tiap selesai satu modul, dites gitu. Aku baru masuk modul 2. Paket yang kuambil terdiri dari 25 jam pelajaran, harganya 1425 euro, itu belum termasuk biaya ujian teori dan praktek. Kalo udah masuk biaya ujian dll, bisa sekitar 2000 euro gitu. Untungnya biayanya bisa dicicil, kalo gak, mampus aja langsung keluar duit segitu Image hosted by Photobucket.com.

Tiap negara di Eropa punya peraturan sendiri-sendiri soal les nyetir ini, Belgia misalnya boleh diajarin nyetir dengan teman atau keluarga yang bisa nyetir, sementara di Belanda harus les. Juga di sini tidak wajib lulus ujian teori nyetir dulu sebelum mulai les nyetir.

Paket ini memang terdiri dari 25 jam pelajaran, tapi bila dirasa kurang oleh gurunya, bisa ditambah lagi dan berarti bayarnya nambah Image hosted by Photobucket.com. Aku sih berharap cukuplah 25 itu, guruku juga optimis kalo aku 25 jam cukup untukku (semoga ya Tuhan Image hosted by Photobucket.com). Aku pernah les juga di Indonesia dan dapet SIM tembak (yang gak pernah kepake karena kalah melulu rebutan mobil dengan ibu), jadi ada dikit-dikit hasil les dulu yang nyangkut di kepala. Tapi teorinya Image hosted by Photobucket.com, aku dikasih 2 buku, 1 murni untuk teori (isinya rambu-rambu, peraturan lalu lintas yang bejibun), dan satu lagi tentang yang harus dipelajari untuk les. Juga dipinjami video, dikasih account 15 jam untuk latihan ujian teori di satu website karena ujiannya nanti pake komputer.

Tanggal 10 Juli ini aku ujian teori. Kalo gak lulus, bisa diulang, tapi ya bayar lagi. Hasil lulus ujian ini berlaku setahun, jadi kalo misalnya ujian praktek gak lulus, hasil lulus ujian teori ini masih bisa dipake, jadi gak usah ikut ujian teori lagi untuk kedua kalinya. Kalo gak lulus ujian praktek, mesti ikut les lagi, diperbaiki apa kekurangan yang bikin gagal ujian, baru ujian lagi. Ruwet dan mahal ya Image hosted by Photobucket.com

Makanya kalo orang kehilangan SIM-nya (karena nabrak, nyetir dengan kecepatan terlalu tinggi atau nyetir di dalam keadaan mabuk), harus mesti ngulang langkah-langkah dari nol, yaitu ikut les nyetir lagi.

Tinggalkan komentar