Batman, Feeder dan REM

Jumat

Males, masak, akhirnya nraktir Gegen dim sum lagi.
Abis itu nonton Batman begins di Nijmegen. Rame juga yang nonton. Sialnya, di dalam bioskop gak ada AC, kebayang panasnya…
Pas jeda film, aku keluar beli minum, ada orang yang nanya ke pelayannya, ada AC gak. Ternyata memang gak ada AC, gile pada meleleh kitaImage hosted by Photobucket.com.

Filmnya keren juga. Aku baru tau ternyata Bruce Wayne pernah dipenjara di Cina dan dididik jadi ninja. Trus musuh pertamanya ternyata sang guru. Mikir sih, bener gak ya di komiknya gituImage hosted by Photobucket.com. Di film-film Batman sebelumnya memang gak pernah diceritain dari awal banget gimana Bruce Wayne bisa jadi canggih banget gitu. Aku pernah nonton Batman yang dimainin Michael Keaton dan George Clooney (Val Kilmer gak nonton, aneh aja liat dia jadi Batman), trus sekarang pemeran terakhirnya Christian Bale. Bagus sih si Bale, tapi kok kayaknya dia kurang berkharisma ya, mendingan Michael Keaton, cool gitu. Tapi soal filmnya sih keren banget, apalagi adegan pas Batman manggil kelelawar, dan turun dari atas gedung di antara kelelawar. Asli, keren banget!

Sabtu

Hari ini kita janjian ke rumah tantenya Gegen yang tinggalnya di Vught, Brabant. Tantenya yang tinggal di Brasil, tante Frilly, lagi main ke sini sama pembantunya. Sebenarnya besok ada pertemuan keluarga, sekalian ngerayain ultah tante Ria, tapi berhubung besok kita gak bisa, kita datengnya hari ini aja.

Sebelumnya kita ke toko Rinus, ada yang perlu dibeli. Pas lagi di kasir, bapak-bapak yang punya toko nanya apa aku orang Indonesia atau Thailand. Aku nanya balik, dia sendiri Indisch atau bukan. Dia bilang dia bukan Indisch, tapi buka toko ini sejak Belanda kalah perang dan banyak KNIL yang datang ke sini, membuka idenya untuk buka toko. Ternyata tokonya sudah berdiri 35 tahun, sejak dia umur 18 tahun. Keren juga nih bapakImage hosted by Photobucket.com.

Setelah itu kita ke Vught, bawa oleh-oleh dari Ameland. Di sana kita dijamu kue dan minum. Pembantu tante Frilly ternyata gak bisa bahasa Inggris, jadi dia bengong aja sambil sekali-sekali diajak ngobrol sama tante Frilly pake bahasa Portugis.

Tante Ria dan tante Louise suka kucing dan punya dua ekor kucing, Lotje dan Bobo. Lotje kucingnya jutek, kurang suka disentuh, Bobo sebaliknya. Lotje ini lebih sering di dalam rumah, kalau dua kucing ini ketemu, mereka bisa berantem, jadinya pintu penghubung dapur dan ruang tamu mesti ditutup biar mereka gak bisa ketemuan.


Lotje Posted by Hello


bobo Posted by Hello

Pas hari itu ada perempat final Piala Dunia Sepakbola di bawah usia 20 tahun, dan Belanda main melawan Nigeria. Kedudukan akhirnya 1-1, lalu disambung perpanjangan 2 kali 15 menit, belum gol juga. Sampai penalti 11 kali (semua pemain termasuk kiper melakukan penalti), kedudukan masih seimbang. Sampai akhirnya penjaga gawang Belanda gak bisa membendung penalti yang ke-24 kalinya. Nigeria masuk semifinal, Belanda tergusur.
Aku ikutan Gegen nonton, sambil terkantuk-kantuk, sementara tante-tante ngobrol di luar dengan tetangga mereka.

Malamnya kita dijamu makan asparagus. Gegen suka banget makan asparagus. Aku sebenarnya mau aja masakin, masalahnya susah masaknya, harga asparagus ini mahal pula, jadinya kalo gak enak kan sayang banget. Masaknya mesti pake panci khusus, kalo gak, asparagusnya gak enak, kenyel-kenyel gitu. Bikinan tante Louise ini mantap banget, gak kenyel-kenyel asparagusnya. Makannya pake telor rebus dan ham. Mereka pada bilang enak, aku gak ngerti aja, kayaknya kok gak berasa apa-apa ya, paling enek telurnya yang paling berasaImage hosted by Photobucket.com.

Minggu

Akhirnya hari ini tiba juga. Hari nonton Rockin’ ParkImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Berhubung Nijmegen deket banget dengan rumah kita, akhirnya kita mutusin parkir mobil di stasiun Nijmegen-Lent, dari situ naik kereta dan naik bis yang khusus ke tempat festival. Bisnya bayar 3 euro per orang pulang-pergi.

Kita berangkat dari rumah jam 2 siang, aku pingin nonton Feeder jam 14.45. Festival ini ada 4 panggung (main stage 1, main stage 2, tent stage dan Nieuwe Revu stage), yang artisnya ganti-gantian manggung. Sebenarnya festival udah mulai jam 13, tapi artis yang manggung gak kita (ku) minati, jadi berangkatnya rada telat aja.

Feeder telat manggungnya, jadi mereka saingan suara dengan Simple Plan yang udah manggung beberapa menit sebelumnya. Aku udah lama tau Feeder, tapi cuma tau beberapa lagu. Eh waktu nonton mereka, keren banget. Kita gak nonton Simple Plan, kayaknya ABG banget, mirip-mirip Green Day jaman muda dulu. Kita nontonnya di bawah pohon, abis panas banget. Sebelnya, deket panggung ada orang jualan DVD, kaos, dll dan banyak orang-orang seliweran. Mana badanku kecil pula, jadinya bisa nonton lewat layar di sebelah panggung aja. Lucunya di setiap panggung dipasang rambu gak boleh naik ke panggung dan jatuh di atas kerumunan orang lalu diedarkan lewat atas kepala (apa ya istilahnya, lupa). Sebelnya lagi, di sebelahku ada cewek-cowok gitu, malah asyik ciuman. Waduuh, jadi gak enak sendiri. Bukan maksud mau ngeliat, tapi kan lama-lama ngelirik jugaImage hosted by Photobucket.com.
Tapi yang penting, puas liat Feeder, musiknya keren banget!Image hosted by Photobucket.com


papan Posted by Hello


feeder Posted by Hello

Penampilan selanjutnya yang pingin kulihat adalah Queens of the stones age, tapi aku kasian liat Gegen, dia kan gak demen musik-musik keras gitu. Ya udahlah, akhirnya kita jalan-jalan aja. Banyak orang jual DVD, trus kaos dan pernak-pernik, kios minuman dan makanan juga banyak banget, dari pizza, french fries, makanan Thailand, Meksiko, orang jual es krim bahkan kedai Jack DanielsImage hosted by Photobucket.com

Sebenarnya Nils, temen kita yang tinggalnya di Amstelveen, juga datang hari ini bareng temen-temennya. Kita nyoba saling telpon dan SMS buat ketemuan, susah banget.

Setelah muter-muter, tontonan selanjutnya adalah Jamie Cullum. Aneh juga liat dia soalnya kayaknya dia paling gak pas manggung di festival ini, wong dia nge-jazz gitu. Eh bener, Jamie-nya bilang dia merasa tersanjung bisa sepanggung sama Lenny Kravitz, Keane dan REM yang beda aliran musiknya. Sebenarnya dia dijadwalkan manggung sejam, tapi kayaknya penonton gak antusias, akhirnya dia cuma manggung setengah jam. Kasian JamieImage hosted by Photobucket.com


jamiecullum Posted by Hello

Keane manggung selanjutnya. Wah mulai ABG-ABG mengerumuni panggung. Mereka banyak main lagu-lagu dari album baru, yang asing di telinga. Gegen kaget liat mereka cuma bertiga, minimalis sekali. Eh pas nonton gitu, kok ngantuk ya, rada-rada boring nih KeaneImage hosted by Photobucket.com.


keane Posted by Hello

Setelah Keane ada jeda lumayan lama buat tontonan selanjutnya, Lenny Kravitz. Akhirnya kita beli makan aja. Pertama nyobain tortilla, beli satu makan berdua, selanjutnya makanan Thailand. Ngantrinya panjang banget, apalagi yang Thailand. Sistem di festival ini belinya pake koin, jadi satu koin=1 euro, mesti nuker dulu di tenda koin. Beli minum misalnya 2 koin, berarti 2 euro. Trus kalo kita ngumpulin 5 gelas plastik, dapet 1 koin. Gegen kalo nonton pertunjukan yang dia kurang sreg, akhirnya dia lirik-lirik sebelah aja, nyari gelas kosongImage hosted by Photobucket.com.

Lenny Kravitz manggung, pake jas lengkap yang akhirnya dicopot-copotin. Bagus sih dia, nyanyi American Woman, Fly Away, Are you gonna go my way, Ain’t over til it’s over, dll. Kita berdiri deket dua pasang cowok-cewek gitu. Eh salah satu cowoknya lagi melinting rokok yang isinya ganja . Ampun dah, baunyaa…Image hosted by Photobucket.com Jadi mikir aja, ini negara bebas banget ya, yang dilarang di negara lain, di sini legal.


lenny2 Posted by Hello


lenny1 Posted by Hello

Setelah Lenny, ada jeda lagi buat puncak acaranya, REM. Ada Nine Inch Nails manggung, aku pingin liat, si Gegen gak mau, jadinya nunggu aja di tempat duduk deket situ. Pas aku ke sana, belum mulai, tapi orang-orang udah rame. Keliatan yang metal-metal gitu, rambut panjang, kaos item. Aku berdiri deket ibu-ibu, rada serem juga liat anak-anak muda metal. Apalagi udah mulai malam gini, mereka biasanya mulai mabuk. Ada dua cowok gitu, jatuh di deket kita, sambil ketawa-ketawa. Mabuk!Image hosted by Photobucket.com

Nunggu lama gitu, Nine Inch Nails-nya gak nongol-nongol. Udahlah, males juga lama-lama, lagian kasian sama Gegen sendirian. Aku kadang nyesel juga gak jadi cowok. Pingin nonton musik keras gitu, penontonnya bikin serem. Mereka gak murni nikmatin musik sih, ada unsur mabuk-mabuk jugaImage hosted by Photobucket.com.

Puncak acara festival ini adalah REM. Kebanyakan orang nungguin mereka. Eh emang keren abis sih. Aku bingung liat orang-orang nonton REM kalo mulai nge-rock gitu, kok gak pada heboh loncat ato gimana yaImage hosted by Photobucket.com. Ada sih satu cowok yang mukanya gak Belanda, dia heboh loncat-loncat sendiri. Aku lama-lama gak tahan, ikutan dia aja. Lagian menikmati musik kok tanpa ekspresi gitu, paling joget dikit atau ikutan nyanyi kalo apal liriknya.

Keliatan REM pantas jadi puncak acara, penampilan Michael Stipe yang mukanya dicat kayak pake topeng Zorro, emang keren. Lagunya mulai dari What’s the frequency, Kenneth; Leaving New York, Losing my religion, Everybody hurts, dll. Aku bukan penggemar REM, tapi terhibur juga dengan penampilan mereka. Kalo dibandingkan dengan Lenny Kravitz, menurutku bagusan REM.


rem1 Posted by Hello


rem2 Posted by Hello

Akhirnya festival berakhir, kita balik naik bis ke stasiun, penuuh. Kita bersyukur gak tinggal di Den Haag atau Amsterdam yang mesti jalan jauh buat sampai ke rumah. Ini salah satu pengalaman yang gak terlupakan. Thanks for the gift, sayang, I’ll never forget it!!Image hosted by Photobucket.com

Tinggalkan komentar